Selamat Datang untuk Anda orang tua cerdas yang menginginkan "Anak Sehat dan Cerdas". Mari bergabung bersama dan berbagi info dalam mendidik anak

Peluang Usaha

Tips ibu hamil sehat, bayi sehat


Menjaga kesehatan ibu hamil merupakan salah satu upaya untuk menghasilkan anak sehat dan cerdas. Janin yang sedang tumbuh kembang memperoleh makanan dari aliran darah ibu dari plasenta dan tali pusar. Maka dari itu apa yang menjadi makanan dan minuman si ibu juga merupakan makanan dan minuman bagi sang bayi.Ibu hamil yang sehat adalah ibu hamil yang mempersiapkan kehamilannya secara fisik dan psikis

Tips ibu hamil sehat dan bayi sehat :

1. Mempersiapkan kesehatan secara fisik

Menjaga kesehatan fisik dengan cara makan makanan yang mengandung gizi seimbang dan lakukan olahraga ringan khusus untuk ibu hamil, seperti senam hamil, jalan kaki, renang dan sepeda statis. Tapi jaga jangan sampai terlalu kelelahan karena tidak baik untuk perkembangan janin.Hindari asap rokok baik dari dirinya maupun dari orang lain, alkohol, nikotin dan obat-obatan juga sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Minumlah obat hanya dengan pengawasan dari dokter karena obat-obatan yang tidak aman dapat mengakibatkan kecacatan pada janin.

2. Mempersiapkan kesehatan secara psikis

Kondisi psikis ibu dominan pengaruhnya terhadap perkembangan otak janin. Pada dasarnya emosi atau amarah. Menurut penelitian respon terhadap emosi akan mengakibatkan banjirnya hormon adrenalin yang akan diteruskan kepada janin melalui plasenta. Bila jumlahnya terlalu banyak akan membahayakan kondisi janin.

Menjaga kesehatan fisik adalah dengan cara mengatur emosi pada ibu hamil. Tenangkan hati dan pikiran dengan melakukan relaksasi seperti yoga, mendengarkan musik dan istirahat yang cukup. Jauhkan hal-hal yang dapat menimbulkan stress dan berpikirlah secara positif. Dalam hal ini dukungan dari orang-orang sekitar seperti suami sangat berpengaruh terhadap kesehatan psikis si ibu.

Semoga bermanfaat...



2 komentar:

  1. makanan apa saja yang tidak boleh dimakan ibu hamil ? ? ?

    BalasHapus
  2. Terimakasih ya bu Yani, udah memberikan pertanyaan. Saya akan mencoba menjawabnya, semoga bermanfaat..
    Yang harus dihindari oleh ibu hamil, antara lain rokok, baik itu dari dirinya ataupun dari asap rokok orang lain, ganja, alkohol, obat-obatan selain dari resep dokter, kokain, kafein dan bahan kimia lainnya. Kafein terdapat pada kopi,teh dan minuman bersoda. Menurut penelitian kafein dapat menembus plasenta dan memasuki peredaran darah pada janin. Kafein mempunyai efek diuretik yaitu mengambil cairan dan kalsium yang sangat dibutuhkan janin dari tubuh, selain itu kafein dapat merusak suasana hati dan mengganggu istirahat bagi ibu hamil. Hindari juga makanan cepat saji dan makanan yang mengandung penyedap, karena dapat menghambat perkembangan otak pada janin. Selain dari itu makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil disesuaikan dengan penyakit yang dideritanya seperti diabetes, hipertensi, dll. Dan ini dapat dikonsultasikan dengan Dokter kandungan. Terimakasih..

    BalasHapus

Peluang Bisnis

Tukar Link dan Promosi Website - Webkios Direktori gratis untuk promosi dan tukar link website indonesia dengan berbagai macam kategori. Tambahkan website anda sekarang!