Permainan Edukatif Anak

permainan edukatif anak

Bermain merupakan dunianya anak-anak. Isi dunianya dengan permainan edukatif yang dapat mendidiknya menjadi anak yang cerdas. Dengan bermain anak dapat mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, komuniskasi, sosial dan emosionalnya. Anak akan menemukan pembelajaran dan hal-hal yang baru dalam kehidupannya. Bantu anak dengan permainan yang tepat sehingga dapat berguna untuk perkembangannya. Permainan yang dilakukan tidak harus dengan menggunakan permainan yang dibeli tapi dapat juga dengan kretifitas orang tua.

Berikut beberapa contoh permainan yang dapat merangsang kecerdasan anak :

1. Ajak anak bernyanyi. Ajarkan lagu-lagu yang berisikan pelajaran, seperti mengenalkan huruf dengan lagu, menyanyikan lagu sambil menyebutkan bagian-bagian dari tubuh, mengenalkan kosa kata bahasa inggris dengan lagu dan masih banyak lagi sesuai dengan usianya. Lakukan dengan gembira sambil bergoyang.


2. Ajak anak bermain air dengan berbagai benda. Ajarkan anak konsep mengapung dan tenggelam. Masukkan air dalam berbagai bentuk cangkir untuk mengajarkan konsep ruang.


3. Berikan alat-alat tulis kepada anak, seperti pensil, kertas dan crayon atau papan tulis dan spidol. Ajaklah anak menggambar. Biarkan anak mencoba kreatifitasnya, jangan mencela dan memprotesnya. Biarkan ia mengembangkan imajinasinya. Tanyakan apa yang ia gambarkan. Ajak anak menggambar berbagai bentuk dan menghubungkan titik-titik dengan menuntun gerakan tangannya.

4. Siapkan berbagai benda dengan berbagai warna dan bentuk. Ajak anak mengelompokkan benda berdasarkan warna atau bentuknya.


5. Buatlah berbagai bentuk ruang dengan menggunakan karton dan gunting, seperti segitiga, segi empat dan lainnya. Ajak anak bersama-sama untuk mengenalkan berbagai bentuk ruang.


6. Ajak anak bermain dengan adonan tepung dan air. Biarkan ia menguleninya dan membuatnya dalam berbagai bentuk sesuai dengan kreasinya.


7. Ajak anak bermain dengan permainan yang dapat melatih koordinasi tangan dan mata sperti puzzle, menyusun balok dan mainan lain yang dapat dipasang dan disusun kedalam berbagai bentuk.


8. Bermain jadi penjual dan pembeli dengan menggunakan uang mainan dapat mengajarkan anak dalam mengenal jumlah dan dalam hal komunikasi.


9. Ajak anak bermain lempar dan tendang bola untuk melatih gerakan tangan dan kakinya.


10. Bermain lombat kedalam lingkaran sambil berhitung dapat melatih anak dalam hal fisik dan belajar berhitung.


Masih banyak permainan lain yang dapat diberikan orang tua kepada anak untuk menghasilkan anak yang cerdas. Dan tentu saja kreatifitas orang tua dibutuhkan dalam membantu anak memainkan permainan yang berguna bagi perkembangan kecerdasannya.

8 komentar:

  1. mbak, kok sy ga nemu link sy http://gerry-tk.blogspot.com ya di blog ini??? sy uda pasang blog ini di blogroll sy.. monggo di cek...trims.. o iya lupa.. salam kenal...

    BalasHapus
  2. salam kenal mas...
    Mohon maaf ada kesalahan. Skarang dah saya pasang ya. trims atas kerja samanya...

    BalasHapus
  3. Trims ya udah mampir...
    Salam kenal kmbali.. Sy udah mampir jg ke blognya mbak.. Blognya bagus..kalo boleh tukeran link atau banner ya..

    BalasHapus
  4. Met siiiaaaangngngngng... btw, link mbak ud trpsang di Friends' Links aq a/n "Anak Sehat & Cerdas" ... truz banner sdh terpsg di blog banner q >> http://banners-awards-salonoyah.blogspot.com/
    ... cekidot ... tar tukeran jga ya mbaakk... tengkyuuu

    BalasHapus
  5. @Salon Oyah : Trims ya mbak ...banner n link nya jg sdh saya pasang..

    BalasHapus
  6. Wah, bisa saya praktekin ke adek saya nih...

    BalasHapus
  7. Trims ya.. Salam kenal n salam sayang buat adeknya.. Saya senang ada kakak yg baik seperti Alfisyahrin..

    BalasHapus
  8. Kalau butuh permainan seperti di atas dapat melihat di http://mainantuwaga.com/

    BalasHapus